Sunday, 28 December 2014

Cara Membuat dan Menggabungkan Partisi Pada Harddisk

Jika memiliki hard drive yang belum dipartisi, kemudian anda ingin melakukan dual boot atau ingin memiliki partisi khusus untuk menyimpan data. Ataukah anda memiliki partisi yang kecil untuk sistem sehingga anda ingin menggabungkan satu partisi lain untuk menjadikannya besar, maka anda bisa melakukannya dalam Windows 8 tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara membuat atau menggabung partisi pada Harddisk adalah dengan menggunakan Disk Management, yang memang telah tersedia dalam Sistem Operasi Windows.
Untuk membuat partisi maka anda bisa melakukan opsi "Shrink". Buka Disk Management, kemudian klik kanan drive yang anda ingin partisi, dan pilih "Shrink volume".



Kemudian tentukan size yang anda ingin Shrink dan size yang anda Shrink inilah nantinya yang akan jadi size partisi yang baru. Setelah anda tentukan size, klik "Shrink".


Setelah proses Shrink selesai, maka anda lihat partisi baru yang masih "Unallocated". Untuk menggunakan partisi baru tersebut, anda harus klik kanan partisi tersebut dan pilih "New Simple Volume".


Selanjutnya akan muncul "New Simple Volume Wizard", klik "Next".


Selanjutnya klik "Next", kecuali jika anda ingin mengatur lagi size-nya.


Selanjutnya tentukan huruf drive (drive letter) lalu klik "Next".


Selanjutnya tentukan sistem file yang anda inginkan dan tandai "Perform a quick format", dan klik "Next".


Selanjutnya klik "Finish" kemudian "OK" untuk melanjutkan proses membuat partisi.

Sedangkan untuk menggabung partisi, anda harus menghapus dulu volume partisi yang ingin anda gabungkan. Caranya klik kanan partisi tersebut lalu pilih "Delete Volume".


Selanjutnya klik kanan partisi yang anda ingin gabungkan dengan partisi yang telah anda hapus volume-nya, dan pilih "Extend Volume".


Selanjutnya akan muncul lagi "Extend Volume Wizard", klik "Next" > "Next" > "Finish".


Setelah prosesnya selesai, maka kedua partisi tersebut akan tergabung jadi satu.

Semoga bermanfaat...

0 Komentar: