Saturday, 21 February 2015

Contoh Teks Editorial / Tajuk Rencana (Bahasa Indonesia)

Kali ini Saya akan berbagi Contoh Teks Editorial / Tajuk Rencana beserta pengelompokan strukturnya, Langsung saja ke Pokok Bahasannya...

Pengemudi Becak Harus Taat Aturan




1)
         Jumlah becak di Kota Solo sangat banyak. Alat transportasi ini masih disukai oleh warga Solo saat akan bepergian dalam jarak dekat. Selain itu, keberadaan becak juga mendukung program Solo sebagai Kota Budaya. Wisatawan dapat menggunakan becak untuk berkeliling kota. Namun begitu, persoalan juga muncul dengan keberadaan becak tersebut. Lalu lintas Kota Solo menjadi semakin padat. Selain itu, pelanggaran lalu lintas sering dilakukan oleh para pengemudi becak, yang tentunya menambah padat lalu lintas, bahkan dapat terjadi kecelakaan.

2)         Pelanggaran lalu lintas itu terjadi karena para pengemudi becak merasa bebas dari aturan. Sehingga, meski lampu rambu-rambu lalu lintas menyala merah, tetap saja mereka menerobos. Bahkan bila terjadi kecelakaan ringan, seperti serempetan dengan mobil atau sepeda motor, biasanya hanya diselesaikan dengan permintaan maaf atau bisa juga dengan saling ngotot dan umpat.

3)         Pelanggaran peraturan berlalu lintas di jalan raya yang dilakukan pengemudi becak itu diakui oleh Kepala Dishub Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad. Dia merasa kesulitan untuk menertibkan para pengemudi becak yang melanggar aturan lalu lintas, karena becak tidak teregistrasi. Meski begitu, pihak terkait, seperti dari kepolisian maupun dari Dishub harus segera mengatasi persoalan itu. Pelanggaran lalu lintas yang banyak dilakukan pengemudi becak itu sangat berbahaya bagi yang bersangkutan maupun pengguna jalan lainnya. Bila karena tak teregistrasi, pengemudi becak tidak bisa dikenai tilang. Maka, harus dicari jalan lain agar mereka mau menaati aturan lalu lintas.

4)         Misalnya, instansi terkait bisa bekerja sama dengan paguyuban pengemudi becak untuk memberikan pengertian kepada anggota agar mematuhi aturan. Selain itu, polisi harus bekerja ekstra untuk menegur para pengemudi becak yang melanggar aturan lalu lintas. Pada saat mereka melanggar aturan, harus diperingatkan di tempat dan diberi pengarahan untuk selalu menaati peraturan. Dengan teguran di tempat seperti itu diharapkan pengemudi becak dapat mengerti dan malu untuk mengulangi kesalahan serupa.

5)         Di sisi lain, pemegang kebijakan perlu membuat peraturan yang mengatur soal pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengemudi becak.


Penjelasan :

1) Judul   : Pengemudi Becak Harus Taat Aturan”

2) Masalah : “Namun begitu, persoalan juga muncul dengan keberadaan becak tersebut. Lalu lintas Kota Solo menjadi semakin padat.”

3) Solusi  : “Pada saat mereka melanggar aturan, harus diperingatkan di tempat dan diberi pengarahan untuk selalu menaati peraturan.”

4) Tajuk tersebut merupakan tajuk kritik yang ditujukan kepada para pengemudi becak yang banyak melanggar lalu lintas bukti kalimat tersebut terletak pada :
paragraf 2 yaitu pada kalimat “Pelanggaran lalu lintas itu terjadi karena para pengemudi becak merasa bebas dari aturan.”

5) Tujuan tajuk rencana Pengemudi Becak Harus Taat Aturan dapat ditemukan pada :
paragraf 3 yaitu pada kalimat “agar mereka mau menaati aturan lalu lintas.
paragraf 4 yaitu pada kalimat “agar pengemudi becak dapat mengerti dan malu untuk mengulangi kesalahan serupa.

6) Harapan-harapan pada tajuk tersebut dapat ditemukan pada :
paragraf 5 yaitu pada kalimat “pemegang kebijakan perlu membuat peraturan yang mengatur soal pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengemudi becak.

Sekian & Terima Kasih Semoga Bisa Bermanfaat...

5 Komentar: