Thursday, 19 March 2015

Makalah Pembuatan PC Router (Komputer Terapan)


MAKALAH
KOMPUTER TERAPAN

KATA PENGANTAR

Dengan nama Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan berkat-Nya kepada kami, sehingga pembuatan serta penyusunan makalah tentang “Pembuatan PC Router” ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga dapat selesai tepat waktu.
Di dalam makalah ini kami ingin menyampaikan sedikit tentang cara pembuatan PC Router
Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada :
•        Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberkati pembuatan makalah ini,
•        Guru Mapel Komputer Terapan, bapak Ahmad Safingi S.Pd,
•        Orang tua yang membantu kami secara materiil maupun non materiil,
•        Semua pihak yang telah mambantu terselesaikannya makalah ini.
Kami selaku penyusun menyadari masih banyak terdapat kekurangan dalam makalah ini. Kritik dan saran kami terima dengan lapang dada guna meningkatkan mutu dan isi dari makalah ini. Terima kasih.

Selasa, 23 September 2014

                Penyusun 


 Deny Hendrawan Saputra

BAB I
PENDAHULUAN

Dengan semakin berkembangnya Teknologi Informasi ( IT ) dan semakin meningkatnya kebutuhan komunikasi global, sehingga diperlukan pengetahuan tentang Teknologi Informasi itu. Komunikasi data, dalam hal ini komunikasi data online tentunya sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Perusahaan atau organisasi sangat membutuhkan suatu sarana yang dapat membantu dalam berkomunikasi antara satu dengan lainnya, maka dari itu dibutuhkan teknologi komunikasi data agar satu sama lain dapat saling berhubungan guna menjalankan dan mengembangkan usahanya. Teknologi Informasi terutama yang berhubungan dengan informasi global banyak dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini . Untuk membuat suatu Local Area Network diperlukan suatu router yang digunakan untuk menghubungkan beberapa PC dalam suatu jaringan yang luas.Untuk lebih meringankan biaya pengadaan router yang harganya reltif mahal maka sebuah router dapat dibangun dari sebuah Personal Computer ( PC ) dengan menggunakan operating sistem tertentu sehingga biaya yang digunakan untuk membanguan suatu jaringan luas bisa lebih ringan dan lebih bisa ditekan sehingga pembangunan sebuah jaringan luas tidak dikejar biaya yang mahal. Alat yang akan dibangun dalam hal ini PC Router mempunyai banyak keunggulan dibanding bila membeli alat yang langsung jadi dari pabrik. Disamping harganya lebih mahal bila terjadi kerusakan akan lebih sulit dalam memperbaikinya. Tetapi dengan menggunakan PC Router maka lebih murah dan perbaikannya juga lebih mudah. Dan kita dapat membuatnya sendiri untuk mempraktekkan teori-teori yang diberikan pada saat pelajaran di sekolah. Dengan penggunaan PC sebagai router maka kita dapat memanfaatkan PC yang ada yang tidak memerlukan spesifikasi yaang tinggi untuk dapat digunakan sebagai router. Router yang dibangun dengan PC lebih mudah dalam maintenance dibandingkan dedicated router karena struktur fisik dedicated router cukup rumit. Dengan penggunaan PC sebagai router maka maintenance akan menjadi lebih mudah sehingga pada nantinya akan dapat dibafngun jaringan luas yang baik dan terute dengan baik sehingga komunikasi dan pengiriman paket data antar jaringan dapat berlangsung dengan baik.

BAB II
PEMBAHASAN

Router juga dapat diartikan sebagai perangkat keras yang memfasilitasi transmisi paket data melalui jaringan komputer, mengatur lalu lintas data sehingga data dari satu host dalam sebuah segmen jaringan dapat ditransfer ke host lainnya pada segmen yang berbeda denagn baik, pada intinya dengan router dapat mengatur dan menjembatani transfer data antar 2 segmen jaringan yang berbeda. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua jaringan atau lebih jaringan untuk memneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch karena switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membangun LAN. Ilustrasinya switch merupakan jalanan, dan router adalah penghubung antar jalanan. Router banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, router jenis ini sering disebut sebagai IP Router. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router. IP router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar yang disebut internetwork. Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanana telekomunikasi misalnya telekomunikasi leased line atau DSL. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adabya broadcast storm yang mampuu memperlambat kinerja jaringan.

Istilah PC Router bila kita lihat berasal dari dua kata yaitu PC dan Router. PC ( Personal Computer ) adalah sebuah perangkat set komputer yang berupa alat komputasi yang umum kita gunakan dalam kehidupan untuk membantu kita dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan persoalan yang kita hadapi dalam kehidupan sehari – hari. Sedangkan Router adalah perangkat yang digunakan untuk merutekan jalur data antar network, mengatur lalu lintas jalur data antar network sehingga proses transfer data dapat berlangsung dengan baik dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Router ini akan menentukan jalur terbaik dalam proses transfer data, mencari jalan terbaik sehingga data dari host suatu jaringan akan terkirim dan sampai dengan baik pada host lainnya yang berada pada segmen jaringan yang berbeda. Router juga dapat diartikan sebagai perangkat keras yang berfungsi untuk memfasilitasi transmisi paket data melalui jaringan komputer. Dari pengertian PC dan Router yang sudah disampikan tersebut dapat dikatakan bahwa PC Router adalah perangkat pengatur lalu lintas data antar segmen jaringan yang berbeda dengan memanfaatkan Personal Computer sebagai device atau alatnya. Dengan perkataan lain PC Router adalah PC yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi layaknya sebuah router yang mengatur lalu lintas data. Dengan penggunaan PC sebagai router jaringan, maka kita dapat memanfaatkan PC yang tidak perlu spesifikasi yang tinggi sebagai router sehingga kita dapat menekan biaya, dibandingkan dengan pembelian dedicated router yang digunakan sebagai router, selain harganya relatif mahal, juga maintenance terhadap jenis router ini cukup sulit.

PC yang digunakan sebagai router memilki kelebihan dan juga kekurangan. Secara singkat dapat saya sampaikan sebagai berikut.

~ Lebih murah dalam hal biaya bila dibandingkan harga router original.
~ Mudah dalam penyetingan dan konfigurasi router.
~ Mudah dalam penambahan fitur baru.
~ Multifungsi artinya dapat berfungsi sebagai sebagai router atau PC.
~ Maintenance atau perawatan router lebih mudah seperti merawat PC biasa.
~ Hemat biaya karena tidak perlu membeli dedicated router.
~ Dapat diinstal sistem operasi yang memang khusus didesain untuk router.
~ Sistem yang digunakan dapat berbasis Windows atau Linux/ Unix.
~ Dapat berperan ganda sebagai PC biasa selain router bila memakai WinRoute.

~ Pilihan koneksinya terbatas tergantung jumlah network card dan slot PCI yang tersedia.
~ Kestabilan kerja tidak sebaik dedicated router.
~ Bila device komputer mengalami masalah maka router dalam jaringan tidak akan berfungsi.
~ Ada harga ada kinerja, berbeda dengan dedicated router yang mahal semisal Cisco yang    memiliki kestabilan kerja yang tinggi.
~ Dengan peran ganda yang diemban router, maka kinerja PC router akan menjadi berat.


1.       Langkah pertama kita setting Mikrotik terlebih dahulu seperti gambar dibawah ini:




  
2.       Selanjutnya kita setting Windows XP di Virtual Box seperti gambar dibawah ini :


3.       Langkah Ketiga kita Tuliskan script di Mikrotik seperti di bawah ini :


4.       Selanjutnya kita coba ping IP ether1 dan ether2

Ether1 :


Ether2 :

               
5.       Selanjutnya kita Setting Windows XP,Pertama kita matikan dulu firewallnya
-Pilih Off (not recommended)
-Lalu klik Ok


6.       Selanjutnya Windows XP kita kasih IP terlebih dahulu seperti gambar di bawah ini
-Klik Start,Lalu Klik Control Panel
-Klik Network and Internet Connection
-Lalu Klik Network Connection
-Klik kanan Local Area Network
-Pilih Propertise


7.       Selanjutnya kita setting PC Asli
-Klik Start,Lalu klik Control Panel
-Klik Network And Internet,Klik Network And Sharing Center
-Klik Adapter Sett


8.       Lalu kita kasih IP Local Virtual Host-Only Network, Virtual Host-Only Network 2 dan Wireless Network Connection seperti gambar dibawah ini :
Virtual Host-Only Network


Virtual Host-Only Network


Wireless Network Connection


9.       Setelah itu di PC Asli kita matikan Firewallnya
-Kita Pilih Turn Off Semua


10.   Lalu kita ping PC Asli


11.   Setelah itu kita ping PC Asli ke PC XP


12.   Lalu kita coba ping PC XP ke PC Asli


13.   Jika PC Asli ke PC XP atau sebaliknya sudah Terkoneksi maka anda sudah Berhasil
14.   Selesai.

Sekian & Terima Kasih Semoga Bisa Bermanfaat Bagi Sobat...




1 Komentar: